Tunjukkan Kualitas Diri Yang Baik Saat Wawancara dengan 3 Cara Ini!

Tunjukkan Kualitas Diri Terbaik Saat Wawancara dengan 3 Cara Ini!

Tunjukkan Kualitas Diri Yang Baik Saat Wawancara dengan 3 Cara Ini!

Mendapat panggilan wawancara di perusahaan idamanmu pasti menjadi hal yang menyenangkan. Artinya, kamu satu langkah lebih dekat dalam menggapai pekerjaan impianmu. Kesempatan wawancara ini tidak boleh kamu sia-siakan, pastikan kamu sudah melakukan persiapan yang matang sebelum masuk ke ruang wawancara .

Supaya proses wawancara berjalan dengan lancar, kamu perlu tahu apa saja yang sebaiknya kamu lakukan untuk menjawab pertanyaan dari recruiter dengan baik. Silakan simak 3 tips di bawah ini!

1.Spesifik saat menjawab

Hal yang akan membantumu saat wawancara adalah menjawab pertanyaan secara spesifik, karena ini akan memudahkan recruiter dalam mengenali dirimu. Jika kamu menjawab pertanyaan secara garis besar saja, bisa jadi kamu malah melewatkan poin-poin penting yang dicari recruiter saat wawancara. Kamu juga perlu memberikan contoh pengalaman yang spesifik untuk mendukung ceritamu 

2.Jelas dan ringkas

Usahakan kamu menjawab pertanyaan dengan ringkas dan jelas, tidak berbelit-belit dan langsung straight to the point. Dengan begitu informasi yang kamu sampaikan akan lebih mudah dipahami oleh sang recruiter dan interaksi antara keduanya akan berjalan lebih baik. Kemampuan untuk menjelaskan sesuatu secara ringkas dan sederhana juga merupakan suatu bentuk kecerdasan tersendiri lho.

3.Berkualitas

Pada setiap jawaban yang kamu berikan, pastikan kamu menggunakannya untuk menunjukan kualitas dirimu. Contohnya seperti hal-hal yang sudah kamu capai, prestasi yang kamu raih, keahlian yang kamu miliki dan lain sebagainya. Kamu juga bisa menekankan mengenai etos kerjamu yang baik pada pengalaman-pengalaman yang kamu ceritakan, dan bagaimana etos kerjamu itu bisa memberikan kontribusi yang positif.

Tiga hal tersebut adalah hal yang penting  dalam melakukan proses wawancara. Cobalah untuk menjawab semua pertanyaan dari recruiter sejujur mungkin dan apa adanya. 

Ada baiknya juga untuk menghindari cerita tentang keluh kesahmu selama bekerja di perusahaan yang sebelumnya, karena hal ini justru bisa menimbulkan kesan tidak profesional. Jangan sampai ada kesan kamu suka mengeluh atau kurang menghargai perusahaan tempat kamu bekerja.

Nah, sekarang kamu sudah tahu hal apa yang harus dilakukan, dan hal apa yang sebaiknya dihindari saat menjawab pertanyaan wawancara. Tahap wawancara merupakan tahapan penting bagi tiap perusahaan dalam menyeleksi kandidat pelamar kerja, termasuk BCA. Jika kamu tertarik untuk melamar di bank swasta terbesar di Indonesia ini, maka kamu bisa langsung cek lowongan terbaru BCA. Jangan lupa persiapkan dirimu sebaik mungkin ya!

Categories
No Comments
Leave a Reply