Sudah Lulus Rekrutmen sebagai Relationship Officer? Hindari 5 Hal Ini Saat Melayani Nasabah

Lowongan bank bca

Sudah Lulus Rekrutmen sebagai Relationship Officer? Hindari 5 Hal Ini Saat Melayani Nasabah

Setelah berhasil lulus rekrutmen sebagai Relationship Officer, kamu harus bekerja dengan maksimal serta memiliki sikap dan karakter yang baik. Karena pekerjaanmu berhubungan dengan pelayanan kepada nasabah, mulai dari membangun komunikasi yang baik, menjaga hubungan serta memberikan solusi yang tepat untuk nasabah dalam hal finansial. Tanpa sikap dan karakter yang baik, maka kamu akan kesulitan membangun hubungan dengan nasabah.

Sebagai seorang Relationship Officer, kamu harus memiliki sikap ramah dan sopan santun. Jika nasabah merasa senang dengan pelayanan mu, image perbankan atau citra bank akan terus terjaga bahkan meningkat di mata nasabah. Mengingat Bank BCA sendiri merupakan Bank swasta terbesar di Indonesia yang telah berkontribusi untuk melayani masyarakat dalam hal finansial serta membantu perekonomian Indonesia, maka akan menjadi tanggung jawabmu untuk menjaga reputasi BCA melalui caramu berinteraksi dengan nasabah. Yuk simak beberapa hal yang harus kamu hindari saat berhadapan dengan nasabah.

Kesalahan yang harus dihindari Relationship Officer ketika Melayani Nasabah

Berikut ini merupakan 5 hal yang harus kamu hindari saat melayani nasabah, di antaranya:

1. Cuek Dengan Nasabah

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kamu harus memiliki sikap ramah, sopan, santun, dan sabar agar bisa membangun hubungan yang baik. Meskipun hal tersebut tidak mudah karena kamu harus melayani berbagai tipe nasabah yang berbeda, namun harus siap menghadapinya.

Kamu harus memiliki sikap empati dalam  melayani nasabah agar mereka merasa terbantu dan senang dengan pelayanan yang kamu berikan.

2. Pelayanan yang Lambat

Pelayanan yang lambat seringkali membuat nasabah merasa kecewa. Oleh sebab itu, sebagai relationship officer kamu harus belajar untuk bekerja cekatan atau cepat tanggap dalam menanggapi hal apapun, sehingga nasabah akan merasa dihargai dan dilayani dengan baik. 

Untuk menghilangkan kesan pelayanan yang lambat, kamu harus selalu peka dengan kebutuhan nasabah dan secara rutin melakukan follow up / update kepada nasabah .

3. Memberi Solusi yang Kurang Tepat untuk Nasabah

Selain menjaga hubungan baik, kamu juga berperan untuk memberi solusi yang tepat kepada nasabah dalam hal finansial. Kamu bisa bertanya terlebih dahulu permasalahan apa yang sedang dihadapi nasabah, setelah itu kamu bisa menganalisis dan memberikan solusi yang tepat. 

Agar tidak salah dalam memberikan solusi, kamu harus mendengarkan dengan seksama permasalahan yang dihadapi nasabah, dan tentunya kamu harus memiliki penguasaan materi yang baik mengenai seluruh layanan yang akan diberikan.

4. Kurang Profesional

Setiap pegawai harus memiliki sikap profesional yang tinggi dalam dirinya, tak terkecuali relationship officer bank. Kamu harus bisa membedakan antara urusan pribadi dengan urusan kerja. Sehingga kamu bisa melaksanakan tugas dengan baik dan lebih fokus untuk hasil yang maksimal. 

Agar bisa selalu bersikap profesional, kamu harus pandai menempatkan diri terhadap urusan pekerjaan dan urusan lainnya.

5. Cepat Emosi dan Tidak Sabaran

Sebagai relationship officer bank BCA, kamu harus memiliki kontrol emosi yang baik. Untuk itu, cobalah untuk selalu berpikir positif dan tidak terbawa dengan masalah yang dihadapi nasabah. Ingat, tugasmu adalah memberi solusi agar nasabah merasa tenang. Jadi, kamu memang harus selalu lebih tenang dari nasabahmu.

Itulah 5 hal yang harus dihindari oleh seorang relationship officer dalam melayani nasabah. Semoga bisa membantumu lebih semangat dalam bekerja, ya!

Categories
No Comments
Leave a Reply