Skill Apa Saja yang Harus Dimiliki Seorang Relationship Officer?

Skill Apa Saja yang Harus Dimiliki Seorang Relationship Officer?

Relationship officer adalah salah satu posisi pekerjaan yang paling dibutuhkan di dunia perbankan. Seperti pekerjaan lainnya, seorang Relationship officer juga memiliki peran dan tanggung jawab khusus, mulai dari analisa potensi pasar hingga melakukan pemasaran. Salah satu tanggung jawab terbesar dari seorang Relationship officer adalah menjaga hubungan baik perusahaan dengan nasabah maupun calon nasabah dalam memberikan pengenalan produk.

Agar bisa mengemban peran dan tanggung jawab tersebut, maka seorang Relationship Officer harus memiliki beberapa skill berikut.

1.Product Knowledge

Sebagai seorang relationship officer BCA, kamu harus terlebih dahulu memahami produk-produk yang dipasarkan, mulai dari yang paling sederhana hingga yang paling kompleks. Dengan memiliki pemahaman yang baik dan menyeluruh mengenai  setiap produk, Kamu bisa memberikan pengenalan dan solusi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan finansial nasabah. Jika seorang Relationship officer tidak memahami produk yang akan ditawarkan, nasabah tidak akan menaruh kepercayaannya. Itulah mengapa product knowledge menjadi hal penting yang harus dimiliki oleh seorang relationship officer.

2.Interpersonal Skill yang Baik

Seorang relationship officer BCA harus memiliki perilaku yang baik. Perilaku yang dimaksud termasuk bagaimana Kamu berbicara, caramu merespon nasabah atau calon nasabah, hingga bagaimana Kamu mencarikan solusi dari permasalahan yang dihadapi nasabah. Hal ini sangat penting untuk Kamu latih dan jaga terus kualitasnya karena menjadi seorang relationship officer berarti menjadi representatif perusahaan. Maka dari itu, semua perilakumu akan dianggap cerminan dari perusahaan di mana kamu bekerja. 

3.Tekun dan Mampu Bekerja di Bawah Tekanan

Sebagai bagian dari tim marketer yang merupakan ujung tombak Bank BCA, seorang relationship officer harus mempunyai ketekunan dan sikap  pantang menyerah. 

Kamu harus mampu bekerja di bawah tekanan dan harus selalu bisa menemukan solusi terbaik untuk berbagai beragam situasi yang dihadapi nasabah melalui produk atau layanan yang ditawarkan.

4.Menguasai Analisa Risiko Bisnis

Analisa risiko bisnis sangat penting bagi kesejahteraan perusahaan. Dalam program relationship officer BCA kamu akan dilatih untuk menguasai analisa risiko bisnis, karena analisa yang tepat akan membantu perusahaan untuk meminimalisir risiko – risiko baik kecil maupun besar di kemudian hari. 

Tenang saja, skill yang satu ini bisa dipelajari seiring dengan berjalannya waktu menggunakan pengalaman yang Kamu dapatkan selama bekerja.

5. Skill Komunikasi

Sebagai pihak yang akan selalu berhubungan dengan nasabah, seorang Relationship officer tentunya harus mampu berkomunikasi dengan baik. Kamu harus bisa mengemas pesan yang ingin disampaikan dengan ringkas, sopan, dan menarik agar dapat dipahami dengan baik oleh nasabah maupun calon nasabah. Agar dapat berkomunikasi dengan baik, Kamu harus bisa memahami dan mengikuti gaya lawan bicaramu ketika berkomunikasi. 

Itu dia 5 skill utama yang harus dimiliki setiap relationship officer ataupun calon relationship officer BCA. Mengingat jumlah peminat yang banyak untuk bekerja sebagai Relationship Officer, tidak ada salahnya untuk mulai melatih dan mempraktikkan 5 skill di atas dalam kehidupan sehari-harimu. Dengan keinginan yang kuat, bukan tidak mungkin Kamu bisa berkarir sebagai relationship officer di BCA. 

Categories
No Comments
Leave a Reply