Sentuhan Personal Relationship Officer Untuk Nasabah

Sentuhan Personal Relationship Officer Untuk Nasabah

Dunia perbankan tidak hanya seputar simpan-pinjam uang saja. Lebih dari itu, bank memiliki beragam produk lainnya yang bertujuan untuk membantu masyarakat. Ragam produk dan layanan perbankan inilah yang harus diperkenalkan ke masyarakat luas. Untuk itulah posisi Relationship Officer dibutuhkan. Seorang Relationship Officer (RO) di dunia perbankan dapat menjadi agen pewujud loyalitas nasabah untuk setia menggunakan jasa sebuah bank sebagai solusi akan segala kegiatan finansialnya. 

Relationship Officer (RO) yang termasuk dalam bidang pekerjaan marketing ini ibarat ujung tombak dari sebuah perusahaan. Seorang RO memiliki tanggung jawab besar untuk memperhatikan kebutuhan para nasabah dan calon nasabah. Itu mengapa tugas seorang RO banyak berupa layanan yang bersifat komunikatif dengan tujuan melayani nasabah dengan cara yang tepat. 

Kamu tertarik untuk menjadi salah satunya? Berikut ini adalah beberapa contoh layanan personalisasi yang diberikan oleh seorang Relationship Officer.

  1. Menyesuaikan Diri dengan Nasabah 

Setiap nasabah tentunya memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Sebagai seorang Relationship Officer, kamu bertugas untuk merencanakan pelayanan sesuai dengan kebutuhan nasabah. Itu mengapa seorang Relationship Officer harus bisa menyerap informasi yang dibagi oleh nasabah dan menjadikannya strategi untuk melakukan pendekatan secara personal. 

Dari informasi yang diberikan oleh nasabah, seorang Relationship Officer bertugas untuk memberi solusi dengan menawarkan produk Bank terbaik yang tepat untuk menjawab permasalahan nasabah.

  1. Up to date dengan Teknologi 

Mengikuti perkembangan teknologi terkini, dunia perbankan juga sudah mulai memanfaatkan kecanggihan teknologi dalam meningkatkan pelayanannya. Untuk itu, seorang Relationship Officer memiliki tugas untuk memperkenalkan teknologi tersebut kepada para nasabah. Misalnya dengan menjelaskan kemudahan kegiatan-kegiatan finansial terkini seperti transfer uang, menggaji karyawan, hingga melihat berbagai data melalui aplikasi secara online

  1. Melakukan Komunikasi Berkelanjutan

Membina hubungan harmonis antara nasabah dan bank adalah tugas utama Relationship Officer. Untuk menjaga hubungan ini, maka komunikasi tidak hanya dilakukan setiap nasabah memiliki masalah, tapi juga terus dilakukan selama nasabah loyal dengan Bank. Mulai dari ketika nasabah membuka akun, hari ulang tahun nasabah, ucapan hari raya hingga promosi produk perbankan. Itu mengapa seorang Relationship Officer harus selalu menjaga dan meningkatkan kualitas skill komunikasinya agar bentuk komunikasi berkelanjutan ini tidak membuat nasabah justru merasa terganggu. 

Itu dia beberapa layanan utama yang harus diberikan oleh seorang RO. Dalam membangun hubungan yang baik dengan nasabah, seorang Relationship Officer harus memahami pentingnya sentuhan personal untuk mendapatkan kepercayaan nasabah. Jika kamu tertarik untuk bisa handal dalam melakukan pelayanan-pelayanan di atas, kamu mungkin perlu coba mengikuti program Relationship Officer yang ditawarkan BCA. Dengan mengikuti program tersebut, kamu akan dibekali dengan kemampuan interpersonal yang esensial untuk menjadi seorang Relationship Officer yang profesional hingga jaminan kestabilan karir. Yuk daftar sekarang!

Categories
No Comments
Leave a Reply