Relationship Officer Harus Kuasai Product Knowledge! Apa alasannya?

Relationship Officer Harus Kuasai Product Knowledge! Apa alasannya?

Bisa bekerja sebagai Relationship Officer di bank swasta terbesar di Indonesia merupakan suatu kesempatan besar yang mungkin hanya dimiliki oleh sebagian orang. Apakah kamu salah satu orang beruntung yang memiliki mendapat kesempatan menjadi seorang Relationship Officer di BCA? Wah, jangan sampai kamu menyia-nyiakan privilege ini! Kamu perlu berusaha memberikan yang terbaik agar bisa menjalankan tugasmu sebagai seorang Relationship Officer dengan maksimal.

Pada dasarnya, tugas utama seorang Relationship Officer tentunya adalah membangun dan menjaga hubungan yang baik dengan nasabah, agar kepercayaan nasabah terhadap BCA selalu terjaga. Nah, untuk yang lebih spesifik lagi, seorang Relationship Officer bisa dibilang harus bertindak sebagai problem solver bagi nasabah. Nasabah atau calon debitur akan datang kepada seorang Relationship Officer dengan permasalahan finansial yang berbeda-beda. Tentunya mereka memiliki ekspektasi bahwa Relationship Officer tersebut dapat membantu mereka dan memberi jalan keluar untuk mengatasi permasalahan yang ada. Oleh sebab itu, sebagai seorang Relationship Officer kamu juga tidak bisa asal dalam memberi saran atau nasihat keuangan, karena saran yang kamu beri akan berdampak langsung pada kehidupan nasabah atau calon debitur.

Sumber gambar: https://karir.bca.co.id/

BCA sendiri sebenarnya memiliki banyak produk andalan dan layanan perbankan yang sudah dirancang sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan nasabah yang beragam. 

Sayangnya, terkadang nasabah tidak sadar dengan keberadaan produk dan layanan perbankan ini. 

Bahkan banyak dari mereka yang tidak tahu bahwa mereka sebenarnya memiliki pilihan lain untuk mencapai target yang mereka inginkan.

Nah, di sinilah peranmu sebagai seorang Relationship Officer menjadi cukup signifikan. Nantinya, seorang Relationship Officer harus mampu berperan sebagai jembatan antara nasabah atau calon debitur dan produk perbankan yang mereka butuhkan. Dengan kebutuhan nasabah yang unik, kamu juga harus bisa mencari jenis produk yang cocok dengan kebutuhan unik nasabah tersebut. 

Misalnya, ada seorang nasabah yang berencana untuk berbisnis tapi belum punya modal yang cukup untuk memulai bisnis impiannya. Nah, sebagai Relationship Officer, kamu bisa memberitahu nasabah ini mengenai berbagai program pinjaman BCA yang memiliki ketentuan yang berbeda-beda, contohnya seperti KPR BCA Xtra, KPR Refinancing BCA, dan masih banyak lagi. Jika nasabah masih belum yakin atau bingung memilih, kamu bisa membantu dengan menjelaskan keuntungan tiap produk pinjaman dan bagaimana keuntungan itu bisa berguna secara finansial dalam situasi nasabah yang sekarang.

Tapi bagaimana caranya kamu bisa tahu produk apa yang paling tepat untuk kebutuhan nasabah? 

Untuk itulah, kamu sebagai Relationship Officer harus memiliki pengetahuan yang mapan tentang produk-produk dan layanan perbankan terbaru dari BCA. Jika kamu sudah menguasai materi itu dengan baik, maka kamu akan lebih mudah berdiskusi dengan nasabah atau calon debitur mengenai produk yang mereka butuhkan. Isitilahnya, pengetahuan mengenai produk sudah seperti di luar kepala-mu. Dengan begitu, secara otomatis kualitas layanan yang kamu berikan juga akan meningkat karena kamu mampu memberikan solusi finansial yang akurat dalam waktu yang cukup singkat. 

Jadi, asah terus pengetahuan dan kemampuanmu ya!

Categories
No Comments
Leave a Reply