Relationship Officer di Dunia Perbankan, Apa Saja Pekerjaannya?

Relationship Officer di Dunia Perbankan, Apa Saja Pekerjaannya?

Seiring dengan berkembangnya zaman, banyak perusahaan yang mulai menyadari pentingnya untuk membangun kepercayaan nasabah terhadap perusahaan. Apalagi di dunia perbankan di mana sebuah bank bertanggung jawab atas uang dan kondisi finansial para nasabah. Tentunya seorang nasabah hanya akan menabung di bank yang mereka anggap bisa dipercaya untuk menyimpan uang mereka dan memberikan solusi terbaik untuk masalah finansial yang mungkin mereka hadapi.

Sumber: https://karir.bca.co.id/

Untuk itu, sebagian besar bank termasuk bank BCA  memerlukan seseorang dengan skill interpersonal dan kemampuan analisis tinggi yang mampu mengembangkan rasa percaya ini dengan mempertahankan hubungan yang baik dengan nasabah bank secara langsung. Nah, orang inilah yang disebut sebagai seorang Relationship Officer. Sebelum kita mengetahui lebih lanjut apa sebenarnya fungsi seorang Relationship Officer di dunia perbankan, ada baiknya kita memahami apa dunia perbankan itu dulu.

Pada dasarnya, perbankan berperan sebagai lembaga intermediasi atau perantara keuangan.  Perantara keuangan ini dilakukan dengan pembelian surplus dana (dana penabung) dari sektor usaha, pemerintah atau rumah tangga. Nantinya dana penabung ini akan disalurkan ke unit ekonomi yang defisit (peminjam). Nah, badan usaha yang bergerak melakukan aktivitas perbankan ini disebut bank.

Bank sendiri adalah bisnis yang menawarkan simpanan dan dapat melaksanakan permintaan penarikan dengan menggunakan cek atau membuat transfer dana elektronik. Kemudian, bank akan menyalurkannya dalam bentuk kredit yang bersifat komersial. Masih bingung? Simple-nya, nasabah datang ke bank untuk menyimpan uang yang berupa tabungan, deposito atau giro. Nantinya bank akan menyalurkan kembali uang ini ke orang yang mengambil pinjaman dari bank, atau bisa disebut sebagai debitur. Nasabah nantinya akan mendapatkan bunga dari tabungannya, sementara debitur akan dikenakan bunga yang lebih tinggi dari bunga tabungan atau deposito.

Lalu dari mana bank bisa untung? Nah, Bank akan mengambil keuntungan salah satunya dari selisih bunga tersebut. Sumber keuntungan Bank yang lain bisa juga berupa biaya administrasi dari ATM, biaya provisi kredit dan lain sebagainya.

Tentunya untuk menjalankan semua ini, bank memerlukan tenaga kerja yang tugasnya dibagi menjadi beberapa jenis, seperti:

  1. Petugas yang mengurus operasional, seperti Teller, Customer Service, dsb.
  2. Petugas yang mengurus pinjaman kredit, contohnya seperti Account Officer
  3. Petugas yang mengurus produk-produk tabungan atau deposito (Lending), seperti Relationship Officer

Di BCA sendiri, seorang Relationship Officer bertugas untuk membangun relationship dengan para nasabah, terutama yang belum menjadi debitur. Hubungan yang baik bisa dibangun dengan cara menghubungi nasabah, mencari tahu kebutuhan nasabah, dan berdiskusi serta memberikan solusi sesuai dengan kebutuhan nasabah. Tentunya Relationship Officer harus bisa memprioritaskan kenyamanan nasabah selama melakukan semua hal tadi, agar nasabah akan kembali lagi nantinya. Jika ada nasabah yang membutuhkan kredit, maka seorang RO akan memberi rujukan kepada Account Officer (AO) supaya AO bisa menganalisa kelayakan kredit nasabah tersebut, dan mengurus proses selanjutnya jika kredit sudah diberikan.

Seru juga kan fungsi seorang Relationship Officer? Banyak skill yang bisa kamu latih dalam bekerja sebagai Relationship Officer, apalagi jika kamu bekerja di bank besar seperti BCA. Coba cek laman ini, Kesempatan yang menarik, bukan?

Categories
No Comments
Leave a Reply