Menjadi Pribadi Yang Menarik di Mata Recruiter, Penting Buat Para Pencari Kerja!

Kesan Menarik di Mata Recruiter, Penting Buat Para Pencari Kerja!

Menjadi Pribadi Yang Menarik di Mata Recruiter, Penting Buat Para Pencari Kerja!

Tahap wawancara biasanya dinilai sebagai tahapan yang cukup krusial dalam proses rekrutmen suatu perusahaan. Pada tahap ini tim rekrutmen bisa melihat dan berinteraksi secara langsung dengan para kandidat untuk melihat apakah kandidat ini memiliki kualitas yang cocok untuk bergabung bersama tim perusahaan.

Saat wawancara, kamu perlu menunjukkan sisi terbaik dirimu. Dengan kata lain, kamu harus bisa memperkenalkan dirimu sebaik mungkin selama menjalani wawancara ini. 

Lalu bagaimana cara  memperkenalkan diri selama wawancara tanpa terkesan angkuh atau sombong? Berikut caranya!

1.Pancarkan rasa percaya diri

Hal penting yang harus kamu tunjukkan adalah kepercayaan diri. Kebanyakan pertanyaan yang diajukan oleh recruiter adalah pertanyaan seputar kehidupan kamu, jadi tunjukkan bahwa kamu menguasai apa yang kamu bicarakan dan yakin dengan semua jawabanmu. Agar rasa percaya diri ini bisa muncul, maka kamu harus melakukan persiapan yang matang.

2.Gunakan bahasa yang baik

Bahasa di sini meliputi verbal dan non verbal. Gunakan pilihan kata yang baik dan sopan selama berbicara dengan recruiter, kamu juga bisa menggunakan bahasa non verbal melalui gerakan tubuh yang baik seperti menatap lawan bicara, duduk tegak, dan tetap rileks. Dengan begitu, komunikasi akan terjalin dengan baik dan proses wawancara akan terasa lebih menyenangkan.

3.Cari tahu apa yang dibutuhkan perusahaan

Sebelum melamar ke suatu posisi atau perusahaan, kamu perlu mencari tahu apa yang sedang dibutuhkan perusahaan dan kualifikasi seperti apa yang mereka cari. Sehingga pada saat wawancara nanti kamu bisa menyebutkan kualitas yang kamu miliki yang bisa menjawab kebutuhan perusahaan tersebut. Itulah pentingnya untuk membaca job description yang biasanya ada di iklan lowongan kerja.

4.Highlight kelebihanmu

Cara yang cukup efektif lainnya, kamu juga bisa menunjukkan kelebihan yang kamu miliki pada recruiter selama wawancara. Karena sudah memahami kebutuhan perusahaan, pastikan kamu menonjolkan kelebihan yang sesuai dengan hal tersebut. Nah, supaya kamu tidak terlihat pamer atau sombong, kamu perlu menjadi storyteller yang baik selama menjelaskan kelebihanmu ini. Coba kemas dalam bentuk cerita pengalamanmu yang bisa membuat recruiter menjadi semakin tertarik.

Tips-tips tadi bisa kamu coba saat menjalani tahap wawancara agar terlihat lebih menarik di mata recruiter. Jangan lupa untuk tetap tenang dan selalu yakin pada dirimu sendiri saat sedang memperkenalkan diri. Nah, kamu bisa nih langsung mempraktekkan tips ini dengan melamar di BCA yang kebetulan sedang buka lowongan kerja! Lakukan persiapan sebaik mungkin agar kamu tidak menyesal nantinya ya. Selamat mencoba!

Categories
No Comments
Leave a Reply