Selain Ujung Tombak, Seorang Relationship Officer Juga Memiliki Fungsi ini!

Lowongan bank bca

Selain Ujung Tombak, Seorang Relationship Officer Juga Memiliki Fungsi ini!

Di dunia perbankan, kepuasan nasabah pastinya menjadi salah satu prioritas utama. Untuk itu, semua bank akan berlomba-lomba untuk memberikan layanan terbaik bagi nasabahnya. Dimulai saat nasabah pertama kali datang ke bank untuk melakukan transaksi. Ada yang memilih untuk bertransaksi seperti biasa di teller atau CSO (customer service officer), ada juga yang lebih senang bertransaksi secara digital lewat teknologi seperti mobile banking dan internet banking. Apapun itu bentuknya, bank-bank besar seperti BCA akan selalu siap untuk memenuhi kebutuhan nasabahnya.

Namun, memenuhi kebutuhan nasabah saja tidak cukup. Bank yang baik tentu juga akan mengutamakan kenyamanan nasabah selama menggunakan pelayanan bank tersebut. Di sinilah peran Relationship Officer (RO) menjadi sangat penting. Di BCA sendiri, Relationship Officer berperan sebagai frontliner business partner. Artinya, seorang Relationship Officer memiliki tugas khusus untuk menjaga hubungan dengan nasabah lewat komunikasi yang baik. Rasa nyaman dan tingkat kepercayaan yang tinggi inilah yang nantinya akan membuat nasabah terus kembali dan memilih BCA sebagai pendukung finansialnya.

Dengan kata lain, sebenarnya Relationship Officer itu juga akan menentukan image perusahaan di mata nasabah, karena seorang Relationship Officer lah yang akan memberikan kesan pertama perusahaan kepada nasabah. Simplenya, kalau Relationship Officer-nya baik, maka nasabah akan menilai Bank tersebut menjadi baik juga. Itulah kenapa Relationship Officer sering disebut sebagai ujung tombak perusahaan, karena memiliki kontribusi signifikan bagi performance Bank tersebut.

Memangnya Relationship Officer yang baik itu seperti apa sih? 

Tidak hanya yang bertutur kata baik untuk menjaga kenyamanan nasabah, seorang Relationship Officer yang baik juga harus bisa memberikan solusi-solusi perbankan yang tepat yang bisa membantu nasabah secara finansial untuk mencapai tujuan mereka. Apalagi seiring berkembangnya zaman, kebutuhan masyarakat akan bertambah dan sektor bisnis semakin berkembang. Contohnya di BCA, seorang Relationship Officer bisa membantu sekaligus menjadi partner diskusi bisnis nasabah. 

Eh, tapi bantuan yang diberikan bukan hanya untuk perkembangan bisnis lho. Seorang RO juga bisa memberikan saran kepada nasabah untuk menjalankan bisnisnya dengan lebih efektif dan efisien melalui layanan perbankan yang semakin modern mengikuti perkembangan teknologi.

Tapi tahukah kamu, sebenarnya ada fungsi tersembunyi dari Relationship Officer? 

Yep, seorang RO juga bisa menyambungkan satu nasabah dengan nasabah yang lain lho! Ibaratnya seperti menjadi jembatan penghubung antar nasabah. Misalnya, seorang RO sedang membantu beberapa nasabah. Di antaranya ada nasabah yang memiliki bisnis menjual bahan bangunan, dan ada juga yang bekerja sebagai kontraktor. Nah, Relationship Officer ini bisa saja menyatukan keduanya supaya bisa terjalin hubungan mutualisme yang saling menguntungkan bisnis kedua belah pihak. Sehingga pekerjaan seorang Relationship Officer tidak terbatas hanya ke kesejahteraan satu nasabah saja.

Tidak hanya sampai di situ, bahkan seorang Relationship Officer juga bisa memfasilitasi berbagai kebutuhan yang dimiliki oleh nasabahnya. Contohnya seorang RO sedang membantu beberapa nasabah yang semuanya memiliki anak yang merupakan second generation dari orang tuanya. BCA bisa menyediakan platform berupa komunitas yang bisa menjadi tempat kaum muda ini berkumpul. Di komunitas inilah mereka bisa networking dengan cara berkomunikasi, berbisnis bersama, berbagi pengalaman, dan masih banyak lagi. Ssttt bahkan ada juga yang sampe ketemu jodohnya di sini lho, hihi.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan betapa banyaknya fungsi seorang Relationship Officer? Kamu tertarik memiliki pekerjaan yang bisa memberi segudang manfaat untuk banyak orang? BCA lagi buka lowongan di website ini nih. Jadi, tunggu apa lagi? Pekerjaan impianmu sudah menunggu!

Categories
No Comments
Leave a Reply