Curiga Burnout? Kenali 5 Tanda-tandanya lebih awal!

Curiga Burnout? Kenali 5 Tanda-tandanya lebih awal!

Pernah nggak sih kamu merasa 24 jam dalam sehari itu nggak cukup untuk menuntaskan pekerjaanmu? Atau malah nggak punya motivasi untuk beranjak dari tempat tidur dan memulai aktivitas sehari-hari? Hati-hati, bisa jadi kamu menunjukkan tanda-tanda burnout dalam bekerja. Istilah burnout dipakai untuk menggambarkan kondisi orang yang sudah terlalu lelah hingga menguras energi fisik dan mental orang tersebut.

Fenomena burnout termasuk rawan dialami oleh orang-orang di kalangan pekerja, jangan sampai kamu menjadi salah satunya! Untuk itu, yuk kenali tanda-tandanya jika seseorang mengalami burnout, agar kamu bisa melakukan penanganan lebih awal.

1.  Lelah yang berlebih

Lelah setelah bekerja itu wajar. Tapi lelah ini mulai nggak normal jika kamu merasa capek terus menerus, bahkan setelah istirahat. Lelah yang kamu rasakan bisa secara fisik atau mental. Misalnya seperti merasa tertekan terus menerus, bahkan setelah kamu selesai bekerja.

2.  Motivasi drop

Jika tiba-tiba kamu tidak punya kemauan untuk melakukan apapun, kamu patut waspada. Apalagi jika kamu sudah tidak peduli dengan hal-hal yang berhubungan dengan pekerjaan dan tidak semangat melakukan aktivitas yang kamu sukai. Salah satu contoh yang paling mudah adalah kamu membutuhkan waktu dan effort yang lebih untuk bangun dari tempat tidur di pagi hari karena kamu tidak mau memulai harimu.

3.  Produktivitas terganggu

Dengan hilangnya motivasi bekerja, otomatis performa kerjamu juga akan terganggu. Kamu tidak mempunyai dorongan untuk menyelesaikan tugas-tugasmu yang akhirnya akan membuat pekerjaan menumpuk dan membuatmu jadi semakin stress.

4.  Kesehatan menurun

Jika sudah stress biasanya akan berdampak pula ke kesehatan jasmanimu. Misalnya kamu jadi lebih mudah sakit, bangun tidur malah nggak enak badan dan yang lainnya.

5.  Mudah emosi

Menurunnya kemampuanmu untuk mengontrol emosi juga menjadi salah satu tanda kamu sudah lelah secara mental. Contohnya mungkin kamu bisa menjadi lebih sensitif, mudah marah dan tersinggung, atau jadi kurang sabar.

Lalu bagaimana sih cara menghindari burnout dalam bekerja? Tentunya harus ada keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan personalmu, hal ini sering disebut sebagai work-life balance.

Untungnya, BCA sangat mengedepankan work-life balance bagi karyawannya, karena karyawan membutuhkan itu untuk mencapai potensinya dengan maksimal. Untuk membantumu mencapai work-life balance ini, BCA menyediakan berbagai kegiatan yang bisa menjadi ajang rekreasi bagimu. Contohnya seperti BAKORSENI (Badan Koordinasi Olahraga, Seni dan Hobi) di mana kamu bisa menyalurkan hobi-hobimu lewat komunitas yang beragam jenisnya.Selain itu kamu juga bisa meningkatkan kualitas hidupmu dengan mengikuti berbagai seminar seperti Perencanaan Keuangan, Kesehatan, Parenting, Program Persiapan Masa Pensiun dan masih banyak lagi. Jadi, selain memiliki kegiatan rekreasi dan relaksasi untuk meningkatkan produktivitas kerja, kamu juga akan dibekali dengan ilmu-ilmu kehidupan yang bisa mendukung kesejahteraan kehidupan personalmu di luar tempat kerja. Tidak akan ada lagi yang namanya burnout karena BCA akan memastikan kebahagiaan dan kinerja karyawannya, baik di tempat kerja maupun kehidupanmu! Tertarik menjadi bagian dari BCA? Cek lowongan kerja bank BCA yang lagi buka sekarang!

Categories
No Comments
Leave a Reply