Berhenti Menyalahkan Pandemi dan Mulai Wujudkan Impianmu dengan 3 Cara Ini!

Berhenti Menyalahkan Pandemi dan Mulailah dengan 3 Cara Ini!

Berhenti Menyalahkan Pandemi dan Mulai Wujudkan Impianmu dengan 3 Cara Ini!

Tahun 2020 hingga saat ini mungkin bukan tahun yang mudah bagi kebanyakan orang. Banyak rencanamu yang mungkin harus tertunda atau malah berubah sepenuhnya. Misalnya saja bagi kamu fresh graduates, acara wisuda mungkin harus dijalankan secara virtual, atau mencari pekerjaan menjadi lebih sulit karena kebanyakan perusahaan mengurangi penerimaan karyawan baru selama pandemi.

Dalam keadaan seperti ini, mungkin akan mudah bagimu untuk menyalahkan keadaan atas semua yang terjadi padamu. Namun hal ini justru harus kamu hindari, karena menyalahkan keadaan bukannya menyelesaikan masalah, tapi malah akan menambah stress dan kecemasanmu. Selain itu, menyalahkan keadaan juga akan memperburuk kesehatan mentalmu, karena kamu terus menerus merasa menjadi korban terhadap situasi dan tidak bisa menghargai kemampuan diri sendiri.

Daripada kamu membuang energi untuk mengasihani diri sendiri, lebih baik kamu memfokuskan energimu untuk mencari jalan keluar dari masalah yang sedang kamu hadapi. Merasa sedih memang manusiawi dan wajar untuk dirasakan . Tapi setelah kamu selesai mengeluarkan semua emosi negatif itu, jangan lupa untuk bangkit kembali dan mencoba untuk terus memperbaiki keadaanmu yang sekarang.

Jika kamu bingung harus mulai dari mana, yuk coba baca beberapa cara untuk berhenti menyalahkan situasi dan mulai fokus ke pengembangan diri di bawah ini!

1.Berdamai dengan diri sendiri

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan berdamai dengan dirimu sendiri. Berdamai dengan diri sendiri ini maksudnya adalah ikhlas menerima keadaan yang sedang kamu alami saat ini. Jika kamu sudah bisa menerima semua itu, kamu tidak akan lagi menyalahkan apapun atas semua yang telah terjadi, termasuk menyalahkan dirimu sendiri.

2.Curahkan emosimu

Kamu bisa membuat dirimu merasa lebih baik dengan mengeluarkan semua perasaan negatif yang kamu rasakan. Apapun yang dipendam tidak pernah berakhir dengan baik. Untuk itu, cobalah menyalurkan emosimu melalui berbagai hal, seperti berbicara dengan orang yang kamu percaya, menuliskannya dalam jurnal, membuat karya seni dan masih banyak lagi. Hal ini akan membantumu dalam regulasi emosi juga lho.

3.Perhatikan kesehatan mental

Jangan lupa untuk terus memantau kesehatan mentalmu. Mungkin ada saatnya dimana kamu merasa lelah menghadapi situasi saat ini . Jika kamu sudah merasa lelah, tidak ada salahnya kamu istirahat sejenak. Lakukan hal-hal yang kamu sukai, ambil waktu tambahan untuk relaksasi dan cara lainnya. Tanpa kondisi mental yang baik, kamu juga tidak bisa produktif, jadi pastikan untuk selalu recharge energimu.

Itu tadi beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk berhenti menyalahkan keadaan dan tetap produktif di masa pandemi. Meskipun pandemi ini membuat kamu harus menjalani banyak hal dengan cara yang berbeda, bukan berarti kamu nggak bisa menggapai mimpimu kok! Kamu hanya perlu menjadi lebih kreatif dalam mencari cara untuk tetap produktif  di masa pandemi seperti ini. 

Misalnya, jika tahun ini kamu memiliki impian untuk memulai karir di dunia perbankan, kamu bisa mulai mencoba mencari lowongan kerja perbankan secara online. Walaupun di tengah pandemi, masih banyak bank yang membuka lowongan kerja kok! BCA salah satunya. 

Untuk kamu fresh graduates yang ingin meniti karir di bank ternama, BCA bisa menjadi pilihanmu. Bank swasta terbesar di Indonesia ini masih tetap membuka lowongan kerja seperti biasanya kok. Kamu bisa langsung cek di sini. Tetap semangat ya, kamu pasti bisa!

Categories
No Comments
Leave a Reply