Banyak Kesalahpahaman tentang Relationship Officer, Ketahui Fakta Sebenarnya!

Banyak Kesalahpahaman tentang Relationship Officer, Ketahui Fakta Sebenarnya!

Di dunia perbankan, seorang Relationship Officer memiliki peran yang amat penting dalam kesuksesan sebuah perusahaan. Saat kamu mendengar istilah “Relationship Officer” ini, apa sih yang ada di benakmu? Sayangnya masih banyak orang yang belum terlalu familiar dengan istilah ini dan ujung-ujungnya malah menyalah artikan tugas dan posisi seorang Relationship Officer.

Sumber: https://karir.bca.co.id

Nah, supaya kamu bisa mengerti betul apa arti dan tugas seorang Relationship Officer, ada baiknya kamu mengetahui dulu hal-hal terkait Relationship Officer agar tidak ada yang salah paham lagi.

1.  Menjaga hubungan antar karyawan internal? salah!

Relationship artinya hubungan, perhubungan atau pertalian. Sedangkan Officer bisa dibilang artinya petugas atau opsir. Berarti Relationship Officer itu petugas yang menjaga hubungan karyawan agar lingkungan kerja tetap terjaga dengan baik ya? Nope, salah besar! Saat menjadi seorang Relationship Officer di dunia perbankan, kamu akan fokus menjaga hubungan yang baik antar  nasabah dengan perusahaan. Relationship officer bisa dibilang sebagai ujung tombak perusahaan, karena secara tidak langsung kamu akan mempengaruhi citra bank tersebut di mata nasabah. Jika kamu mampu membangun dan mempertahankan hubungan yang baik, kepercayaan nasabah terhadap bank akan semakin tinggi. Alhasil, tentunya nasabah akan merasa puas,  dan terus kembali menggunakan produk atau solusi yang ada di BCA.

2.  Relationship Officer sama dengan customer service? salah!

Walaupun keduanya sama-sama berinteraksi langsung dengan nasabah, tapi kedua posisi ini cukup berbeda lho tugasnya. Petugas customer service memiliki tugas untuk mengurus operasional bank dan menangani nasabah yang datang ke kantor cabang secara langsung, sementara seorang Relationship Officer memberikan solusi keuangan yang tepat sesuai dengan kebutuhan individu maupun bisnis nasabah dengan lebih menyeluruh. Jadi, nantinya kamu dapat membantu para nasabah yang membutuhkan dukungan finansial lewat solusi perbankan yang ditawarkan oleh bank tersebut.

3.  Tugasnya hanya jualan produk? salah!

Memang, nanti sebagai seorang Relationship Officer kamu akan memiliki peran penting di bidang sales di mana kamu akan mengontak calon nasabah dan menawarkan produk perbankan yang kamu rasa dapat membantu calon nasabah tersebut dalam mencapai goals mereka. Tapi peranmu lebih dari itu, lho! Seorang Relationship Officer juga akan melakukan koordinasi dengan unit kerja terkait lainnya. Misalnya, kamu perlu bekerja sama dengan Account Officer saat melakukan analisa kelayakan kredit bagi calon debitur. Selain itu, kamu juga perlu melakukan kunjungan ke lokasi tempat usaha untuk melihat secara langsung bisnis sang nasabah, jadi nggak melulu hanya duduk di kantor jualan lewat telepon lho ya.

Itu dia tiga kesalahpahaman dan fakta sebenarnya mengenai Relationship Officer. Sekarang karena kamu sudah tahu fakta sebenarnya mengenai posisi ini, apakah kamu tertarik untuk menjadi seorang Relationship Officer?

Beruntung bagi kamu yang menjawab “ya”, karena kini bank swasta terbesar di Indonesia telah membuka lowongan khusus Relationship Officer lho! Yup, bank BCA sedang membutuhkan tenaga Relationship Officer yang berkualitas dan memiliki semangat tinggi. Kamu bisa cek lowongannya di sini. Manfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya ya!

Categories
No Comments
Leave a Reply