4 Kesalahpahaman Tentang WFH yang Perlu Kamu Pahami!

4 Kesalahpahaman Tentang WFH yang Perlu Kamu Pahami!

4 Kesalahpahaman Tentang WFH yang Perlu Kamu Pahami!

Kamu pasti sudah sangat familiar dengan istilah WFH atau Work From Home. Yep, istilah yang menjadi populer sejak pandemi memasuki Indonesia tahun 2020 kemarin ini menggambarkan keadaan para pekerja yang harus bekerja dari rumah. Ada pekerja yang lebih menyukai bekerja di rumah, ada juga yang lebih memilih untuk bekerja di kantor seperti biasanya, semua tergantung preferensi masing-masing orang. 

Namun ada beberapa kesalahpahaman yang sering beredar mengenai WFH. Agar bisa memahami dengan benar apa sebenarnya WFH itu, maka kamu perlu mengetahui fakta-fakta tentang WFH yang lebih akurat, seperti yang berikut ini.

1.Bobot kerja tetap sama

Banyak orang yang beranggapan karena tidak perlu ke kantor maka kerjanya bisa lebih santai saat bekerja dari rumah. Padahal bobot dan jumlah pekerjaan akan tetap sama dimanapun kamu bekerja. Bahkan saat WFH kamu harus bisa lebih mandiri karena kamu harus bisa mengatur jadwal kerja sendiri, memastikan sarana kerja sudah terpenuhi dan lain sebagainya. Walaupun mungkin bisa bekerja di kasur, tapi fokus kerja tetap sama layaknya pekerja yang duduk di kantor.

2.Bukan berarti kesepian

Bekerja dari rumah mungkin membuatmu khawatir kalau nanti akan kesepian, karena kamu tidak bisa bertemu rekan-rekan kantor seperti biasanya. Namun kenyataannya nggak gitu kok! Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk tetap terkoneksi dengan teman-temanmu di kantor, misalnya dengan membuat online conference selama bekerja atau istirahat makan siang, mengirimkan makanan ke rumah masing-masing dan masih banyak lagi.

3.Jam Kerja yang Normal

Meski tidak perlu berangkat ke kantor, namun kamu tetap harus siap di jam yang sama seperti kamu bekerja di kantor. Jadwal kerja yang tetap ini nantinya juga akan membantumu untuk lebih terstruktur bekerja di rumah. Batasan antara bekerja dan istirahat juga lebih bisa terjaga dengan jam kerja yang tetap. Kamu juga tetap harus memperhatikan waktu istirahat seperti istirahat makan siang. Jangan sampai karena bekerja di rumah kamu menggunakan waktu istirahat melewati batas jam istirahat siang ya.

4.Tetap berkolaborasi walaupun online 

Dengan WFH maka banyak proses koordinasi yang akan dilakukan secara online. Walaupun meeting online kamu juga harus memperhatikan profesionalisme. Bukan berarti karena di rumah kamu bisa memakai baju rumah santai saat meeting bersama rekan kerja atau atasan. Pastikan pakaianmu tetap sopan dan penampilanmu tetap rapi. Perlakukan meeting online ini layaknya meeting di kantor sehingga fokus dan keseriusanmu akan selalu terjaga.

Itulah beberapa fakta mengenai WFH yang patut kamu ketahui. Fakta ini juga akan membantumu untuk mencegah performa kerja yang menurun saat WFH. Di BCA sendiri, walaupun bekerja dari rumah, namun keseimbangan antara kerja dan kehidupan personalmu tetap harus diperhatikan, agar kamu bisa terus memberikan performa terbaik saat bekerja maupun dalam kehidupan personalmu. Terus produktif dan tetap jaga kesehatan ya!

Categories
No Comments
Leave a Reply